Sabtu, 29 Desember 2012

MEMAHAMI FUNGSI DAN PROSES KERJA BERBAGAI PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.

MEMAHAMI FUNGSI DAN PROSES KERJA BERBAGAI PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.

Teknologi Informasi merupakan subsistem dari sistem informasi, yaitu sistem yang dapat menghasilkan informasi yang berguna. Teknologi informasi yang didukung teknologi komunikasi memungkinkan penyebaran informasi secara cepat dan akurat ke seluruh penjuru dunia. Teknologi informasi dan komunikasi selalu terkait dengan kemajuan teknologi komputer. Dalam perkembangannya,teknologi komunikasi telah memungkinkan dilakukannya komunikasi jarak jauh yang disebut telekomunikasi.
Kata telekomunikasi berasal dari kata tele (jauh) dan communication (komunikasi). Jadi,telekomunikasi merupakan bentuk komunikasi jarak jauh untuk mengirimkan pesan dari suatu tempat ke tempat lain, dan biasanya berlangsung secara dua arah. Telekomunikasi mencakup semua bentuk komunikasi elektronik jarak jauh, diantaranya : radio,televisi,telepon dan jaringan komputer.
1.  Telepon
Kata telepon berasal dari kata tele (jauh) dan phone (suara). Jadi,telepon merupakan alat komunikasi jarak jauh melalui sinyal listrik yang biasanya berupa suara. Awalnya, penemu telepon adalah Alexander Graham Bell dengan telepon pertama dibuat di Boston, Massachusetts pada tahun 1876. Namun, penemu Italia Antonio Meucci telah menciptakan telepon pada tahun 1849. Olrh karena itu, pada September 2001, Meucci dengan resmi diterima sebagai pencipta telepon oleh kongres Amerika, bukan Alexander Graham Bell.
Seiring dengan semakin pesatnya teknologi, saat ini telah dikembangkan telepon genggam. Telepon genggam atau lebih terkenal dengan sebutan handphone (disingkat HP, disebut pula sebagai telepon seluler atau ponsel) adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional, namun dapat dibawa  ke mana-mana (portable) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Saat ini Indonesia memepunyai dua jaringan telepon nirkabel, yaitu GSM (Global System for Mobile Telecomunications) dan CDMA (Code Division Multiple Acces).
Telepon genggam selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon,umumnya juga berfungsi mengirim dan menerima pesan singkat (Short Message Service;SMS). Telepon-telepon yang lebih mahal sering menambahkan fitur kamera dan layanan Internet. Layanan Internet ini menggunakan beberapa teknologi antara lain :
1.     General Packet Radio Service (GPRS) dengan kecepatan maksimum 114 kbit/s.
2.    Universal Mobile Telecomunication System (UMTS) dengan kecepatan maksimum 384 kbit/s.
3.    High-Speed Downlink Packet Acces (HSDPA) dengan kecepatan maksimum 7.2 Mbit/s.
Dengan adanya fasilitas internet dengan kecepatan tinggi, pengguna dapat memeanfaatkan fasilitas video call, tv online dan download dengan menggunakan telepon genggam mereka.

2.  Radio
Radio merupakan teknologi yang membolehkan pengiriman sinyal oleh modulasi gelombang elektromagnetik. Gelombang ini melintas (merambat) lewat udara dan juga kevakuman angkasa, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkutan. Gelombang radio merupakan satu bentuk dari radiasi elektromagnetik dan terbentuk ketika objek bermuatan listrik diercepat dengan frekuensi yang terdapat dalam frekuensi radio (RF) dalam spektrum elektromagnetik. Gelombang ini berada dalam jangkauan 10 hertz sampai beberapa Gigahertz. Radiasi Elektromagnetik bergerak dengan cara elektrik dan magnetik osilasi. Ketika gelombang radio melalui kabel, osilasi dari medan listrik dan magnetik dapat mempengaruhi arus bolak-balik dan voltase dikabel. Gelombang radio dapat diubah menjadi sinyal audio atau lainnya yang dapat membawa informasi.

3.  Televisi
Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision, yang mempunyai arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti melihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disamakan dengan penemuan roda, karena mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia ‘televisi’ secara tak formal terkadang disebut dengan tivi,teve atau tipi.
Penemuan televisi melibatkan banyak pihak, penemu, maupun inovator, baik perorangan maupun badan usaha. Televisi adalah karya massal dari tahun ke tahun. Penemuan televisi tentu tidak bisa dipisahkan dari penemuan dasar-dasar hukum gelombang elektromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831) yang memulai era komunikasi elektronik.

4.  Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer antara lain :
a.    Membagi sumber daya, contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memory, harddisk.
b.    Komunikasi, contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting.
c.    Akses informasi, contohnya web browsing.
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service) . Pihak yang meminta layanan disebut klien (client ) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

A.  PROSES KERJA KOMPUTER
Komputer merupakan peralatan elektronika yang mampu mengolah data dan menghasilkan informasi. Semua masukan yang diterima komputer disebut data. Data tersebut dapat berupa huruf, angka, grafik,diagram dan sebagainya. Selanjutnya, data yang terdapat didalam komputer diolah dengan menggunakan bahasa pemrograman. Semua data yang masuk akan dikonversikan ke dalam bilangan biner sehingga data bisa dibaca komputer. Data yang telah diolah komputer kemudian diubah menjadi sebuah informasi. Informasi sendiri mempunyai makna sebagai susunan data yang dirangkai sedemikian rupa sehingga mempunyai makna yang bisa dipahami manusia.
Apabila kita urutkan proses mendapatkan informasi komputer, maka akan didapatkan perputaran proses informasi. Perputaran proses informasi tersebut dimulai dari user, input, CPU, output dan kembali ke user lagi.
a.  Sistem Biner
Pada pemrosesan data menjadi informasi, komputer menggunakan program yang tersimpan dalam memori komputer yang terdapat dalam bentuk bilangan. Bilangan tersebut disebut sistem bilangan berbasis 2 atau sistem biner (binary system )
Sistem biner merupakan bilangan digital yang terdiri dari dua digit angka, yaitu 0 dan 1. Cara mengkonversikan bilangan biner (basis 2) menjadi basis 10 untuk bilangan biner 11011 adalah sebagai berikut.
11011  = (1 x 24)+(1 x 23)+(0 x 22)+(1 x 21)+(1 x 20)
         = 16 + 8 + 0 + 2 + 1
         = 27
Jadi, bilangan biner 11011 apabila dikonversikan ke basis 10 menjadi bilangan 27.
Sedangkan konversi bilangan 27 dalam basis 10 menjadi sistem bilangan biner adalah sebagai berikut :
27     = 16 + 8 + 2 + 1
         = 24+23+22+21+20
                =(1 x 24) + (1 x 23) + (0 x 22) + (1 x 21) + (1 x 20)
         = 11011
Jadi bilangan 27 dalam baris 10 apabila dikonversikan ke bilangan biner menjadi 11011.

b.  Bit dan Byte
Bit kepanjangan dari binary digit. Satu bit merupakan unit informasi terkecil yang dapat ditangani komputer. Contohnya, apabila Anda menekan tombol pada mouse berarti Anda telah mengirim sinyal kecil on/off  ke sistem komputer. Sinyal tersebut berupa bit yang banyaknya satu bit. Dalam sistem komputer, biasanya beberapa bit akan dikelompokkan menjadi satu Byte, yaitu setiap 8 bit dikelompokkan menjadi satu Byte. Satu Byte akan menghasilkan satu karakter huruf, angka, tanda baca dan sebagainya.
Selain itu, dalam alat penyimpanan seperti Disket, harddisk, RAM, flash memory dan flash disk juga digunakan satuan KiloByte (KB), MegaByte (MB), GigaByte (GB) bahkan TeraByte (TB). Berbeda dengan pengertian umum, dalam dunia komputer 1 KB sama dengan 1024 Byte, 1 MB sama dengan 1024 KB, 1 GB sama dengan 1024 MB, 1 TB sama dengan 1024 GB. Ukuran ini menunjukkan sinyal on/off yang diperlukan untuk membuat dan menyimpan informasi.

c.   Kode ASCII
ASCII kepanjangan dari American National Standard Code for Information Interchange. ASCII digunakan sebagai kode di komputer untuk mewakili karakter seperti angka dan huruf seperti 1, 23, A, b dan sebagainya. Sebagai contoh huruf W diwakili dengan kode 87. Dalam kode ASCII terdapat 256 karakter, namun hanya digunakan 128 karakter standar dimana 32 karakter digunakan sebagai karakter untuk mengendalikan komputer. Karakter tersebut tidak ditampilkan di monitor dan selebihnya digunakan untuk huruf, angka atau tanda baca.

B.  KOMPONEN dan PERIFERAL KOMPUTER
Komputer merupakan rangkaian dari berbagai komponen dan periferal. Pengertian periferal adalah perangakat input/output yang merupakan bagian dari pendukung sitem. Secara garis besar, komputer terdiri dari empat komponen penunjang utama, yaitu perangkat masukan (input devices), perangkat pemrosesan (CPU), perangkat penyimpanan (storage devices), perangkat keluaran (output devices).
a)   Perangkat Masukan (Input Devices)
Perangkat masukan atau input devices merupakan perangkat yang memberikan sinyal masukan kepada sistem komputer. Masukan tersebut berupa sinyal input dari maintainance input. Sinyal input adalah segala sinyal yang akan diolah oleh sistem komputer sedangkan sinyal maintainance adalah sinyal yang digunakan untuk mengolah sinyal input. Perangkat masukan dibagi menjadi dua, yaitu peralatan masukan langsung dan peralatan masukan tidak langsung.
1.  Perangkat Masukan Langsung
Dalam peralatan masukan langsung, input langsung diproses CPU tanpa disimpan oleh penyimpanan media luar. Berikut ini adalah contoh beberapa peralatan masukan langsung.
รถ  Mouse
Mouse berfungsi untuk mengatur posisi pointer pada layar komputer. Dengan menggunakan mouse, kita dapat men-drag (menarik) dan men-drop (meletakkan) file.
รถ  Keyboard
Keyboard  merupakan peralatan masukan langsung yang terdiri dari tombol-tombol huruf dan tombol-tombol fungsi. Bentuk keyboard ada yang standar dan extended. Perbedaannya terdapat pada jumlah tombolnya dimana keyboard standar mempunyai 88 tombol sedang keyboard extended mempunyai tombol lebih banyak. Kedua keyboard tersebut mempunyai kemampuan
 Yang sama.
รถ  Joystick
Joystick merupakan peralatan input tambahan untuk mempermudah pengguna komputer dalam melakukan permainan komputer.
รถ  Scanner
Scanner adalah peralatan untuk membaca input baik data maupun gambar untuk di-scan.
รถ  Microphone
Microphone merupakan alat elektronika yang berguna untuk mengubah sinyal suara menjadi sinyal listrik.
รถ  Optical Drive
Optical Drive terbagi menjadi beberapa jenis antara lain CD-ROM, DVD-ROM, dan lain-lain. CD-ROM (Compact Disk Read Only Memory) drive berfungsi untuk membaca data input dari kepingan CD.Kemampuan transfer data dari CD-ROM adalah n x 150 MB/s, dengan n adalah kecepatan berputar kepingan CD. Misalnya, jika CD-ROM mempunyai kecepatan sebesar 52x, maka kecepatan transfernya sebesar 52 x 150 MB/s = 7.800 MB/s. Saat ini, kecepatan CD-ROM yang ada di pasaran antara lain : 32x, 48x, dan 52x. DVD-ROM (Digital Versatile Disc Read Only Memory) drive berfungsi untuk membaca data input dari kepingan DVD. Kemampuan transfer data dari DVD-ROM adalah n x 10,55 Mbit/s, dengan n adalah kecepatan berputar kepingan DVD. Misalnya, jika DVD-ROM mempunyai kecepatan sebesar 20x, maka kecepatan transfernya sebesar 20 x 10,5 Mbit/s = 211 Mbit/s. Saat ini, kecepatan DVD-ROM yang ada di pasaran antara lain : 8x, 12x, 18x, dan 20x.

2.  Perangkat Masukan Tak Langsung
Pada perangkat masukan tak langsung, data yang masuk tidak langsung diproses melainkan direkam dahulu ke media penyimpan luar seperti pita magnetik. Contohnya key-to-tape,key-to-card,key-to-disk.

b)  Perangkat Pemrosesan (Central Processing Unit/CPU)
Perangkat pemrosesan ( Central Processing Unit/CPU) merupakan pusat pengolahan dan pengontrolan segala pemrosesan data. Peralatan pemrosesan terdiri dari Control Unit (CU), Arithmatic Logic Unit (ALU) dan memory (pengingat).
v  Control Unit, bertugas untuk menerjemahkan perintah atau instruksi secara berurutan yang kemudian diteruskan keseluruh bagian komputer. Bagian ini merupakan kerja dari processor yang mengendalikan seluruh kerjja komputer.
v  Arithmatic Logic Unit (ALU), berfungsi untuk memproses data melalui pehitungan penambahan dan pengurangan, pebandingan-perbandingan serta logika.
v  Memory (Pengingat), berfungsi sebagai penampung atau penyimpan data pada proses aplikasi program yang dimasukkan ke komputer. Kemampuan untuk melakukan tugas tersebut bergantung pada kapasitas dari memory itu sendiri. Besarnya kapasitas memory dinyatakan dalam satuan Byte.KByte,MByte, GByte.
Mikroprosesor merupakan penggabungan ke semua alat pemrosesan tersebut diatas kedalam sebuah sirkuit yang terintegrasi. Saat ini umumnya mikroprosesor terdiri dari 2 jenis, yaitu Intel dan AMD. Mikroprosesor ditempatkan kedalam sebuah motherboard.
Motherboard adalah papan sirkuit elektronik yang menjadi pusat dari sebuah komputer atau laptop. Papan ini pula tempat dimana seluruh perangkat masukan, perangkat pemrosesan dan perangkat keluaran terhubung. Kebanyakan motherboard minimal memiliki alat sebagai berikut :
ร˜  CPU Socket adalah tempat mikroprosesor ditempatkan.
ร˜  Memory Slot adalah tempat memori komputer ditempatkan
ร˜  Chipset adalah chip yang mengatur interaksi antara perangkat yang satu dengan perangkat yang lain. Terbagi menjadi dua, yaitu chip Southbridge dan chip Northbridge.
ร˜  Slot untuk ekspansi, misal PCL,AGP,PCL Expres.
ร˜  Konektor Power untuk menerima masukan listrik dari power supply unit (PSU) an mendistribusikan ke seluruh perangkat yang terhubung.

c)   Perangkat Penyimpanan (Storage Device)
Perangkat penyimpanan (storage devices) berfungsi untuk menyimpan data yang telah dimasukkan dan juga menyimpan hasil pemrosesan kerja CPU. Peralatan penyimpanan ini dibagi menjadi dua, yaitu memori internal (primary storage) dan memori eksternal (secondary storage).
²  Memory Internal (Primary Storage)
Memory internal (primary storage) merupakan memory yang ada dalam CPU yang terdiri dari ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Acces Memory).
*      ROM (Read only Memory)
ROM (Read Only Memory) merupakan memory yang bersifat permanen, yang dapat dibaca tetapi tidak dapat diperbarui.ROM berfungsi untuk menyimpan program operasi komputer seperti program BIOS dan program booting.
*      RAM (Random Acces Memory)
RAM (Random Acces Memory) merupakan memory yang bersifat sementara,jika komputer mati, maka data atau program yang telah tersimpan akan hilang. Memori ini bisa membaca, menulis serta menyimpan data dan program. Jenis RAM yang telah beredar di pasaran antara lain :
·        EDORAM (Extended Data-Out Dynamic Random Acces Memory)
·        RDRAM (Rambus Dynamic Random Acces Memory)
·        SDRAM (Synchronous Dynamic Random Acces Memory)
·        DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Acces Memory)
·        DDR2 SDRAM (Double Data Rate two Shynchronous Dynamic Random Acces Memory)
·        DDR3 SDRAM (Double Data Rate three Synchronous Dynamic Random Acces Memory)
²  Memory Eksternal (Secondary Storage)
Memori eksternal (secondary storage) merupakan media penyimpanan data atau program-program yang bersifat tetap. Contohnya harddisk, floppy disk, flash memory, flashdisk, CD-ROM dan DVD-ROM.
*      Harddisk
Harddisk merupakan media yang digunakan sebagai alat booting dan penyimpanan data. Harddisk dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu IDE (Integrated Device Electronics), SCSI (Small Computer System Interface) dan yang terbaru SATA (Serial Advanced Technology Attachment). Ketiga jenis harddisk tersebut dapat dibedakan dari jumlah pin data yang ada. Jenis IDE mempunyai 40 pin, jenis SCSI mempunyai 50 pin, sedangkan SATA mempunyai 7 pin.
Kecepatan transfer data pada beberapa tipe harddisk yaitu sebagai berikut.
a)    ATA 66 dengan maksimum transfer data sampai 66 MB per detik
b)   ATA 100 dengan maksimum transfer data sampai 100 MB per detik
c)    ATA 133 dengan maksimum transfer data sampai 133 MB per detik
d)   SATA 1 dengan maksimum transfer data sampai 150 MB per detik
e)   SATA 2 dengan maksimum transfer data sampai 300 MB per detik
Kapasitas penyimpanan harddisk yang ada saat ini meliputi: 20 GB, 40 GB, 80 GB, 120 GB, dan bahkan sampai 1,5 TB. Selain bersifat internal terpasang didalam komputer, saat ini sudah terdapat harddisk eksternal yang bersifat portable. Harddisk tipe ini menggunakan penghubung USB sebagai media transfernya.
*      CD-ROM
CD-ROM adalah media penyimpan dalam bentuk kepingan cakram. Media penyimpan data ini harus menggunakan CD-RW drive. Kemampuan menyimpan CD bisa mencapai 700 MB, setara dengan floppy disk sebanyak 486 buah.
*      DVD-ROM
DVD-ROM adalah media penyimpanan dalam bentuk kepingan cakram seperti CD-ROM. Media penyimpanan data ini harus menggunakan DVD-RW drive. Kemampuan menyimpan DVD-R Single Layer bisa mencapai 4,7 GB sedangkan DVD-R Double Layer sampai 8,54 GB.
*      Floppy Disk
Floppy disk yang biasa disebut Disket merupakan media penyimpanan data juga, namun dengan kapasitas yang relatif kecil. Kapasitas Disket yang sering dipakai sekarang sekitar 1,44 MB. Untuk menggunakannya diperlukan floppy disk drive. Namun sekarang floppy disk sudah jarang digunakan karena sudah tergantikan oleh Flashdisk. Disket dan floppy disk drive terdiri dari beberapa tipe,yaitu :
Type Floppy Disk Drive
Type Disket
3,5 inchi
720 KB DD
3,5 inchi
1,44 MB HD
5,25 inchi
360 KB DD
5,25 inchi
1,2 MB HD








*      Flashdisk
Flashdisk merupakan alat untuk menyimpan data eksternal yang menggunakan penghubung USB. Kemampuannya menyimpan data mulai dari 128 MB, 512 MB, 1GB, 2GB dan sekarang sudah mencapai kapasitas lebih dari 16GB.
*      Flash memory
Flash memory merupakan alat untuk menyimpan data eksternal dalam bentuk kartu memory. Untuk menggunakannya diperlukan card rader . Flash memori biasa digunakan di Kamera Digital, Ponsel, PDA, dan MP3 Player. Flash memory terdiri dari berbagai macam jenis yaitu CF,SD,MMC,Memory Stick dan xD. Kemampuannya menyimpan data mulai dari 128MB, 256MB, 512MB, 1GB, 2GB dan sekarang sudah mencapai kapasitas lebih dari 8GB.

d)   Perangkat Keluaran (Output Device)
Perangkat keluaran (Output Devices) merupakan perangkat pelengkap komputer untuk menampilkan dan mengeluarkan hasil proses kerja komputer. Contoh-contoh perangkat keluaran diantaranya sebagai berikut.
ยต  Monitor/Display
Monitor berfungsi untuk menampilkan hasil kerja pemrosesan komputer secara visual baik berupa gambar maupun data. Monitor komputer dibedakan menjadi 2jenis, yaitu monitor tabung (CRT) dan monitor LCD. Kedua jenis monitor tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan monitor CRT adalah harganya yang relatif lebih murah,sedangkan kekurangannya adalah bentuknya yang besar dan boros listrik. Kelebihan monitor LCD adalah bentuknya yang ramping dan hemat listrik, sedangkan kekurangnnya adalah harganya yang relatif lebih mahal.
Kualitas gambar pada layar monitor disebut resolusi atau ketajaman. Resolusi ini diukur dengan satuan picture elements (pixel). Semakin tinggi jumlah pixel, resolusinya akan semakin tinggi dan semakin bagus pula gambar yang dihasilkan. Ukuran standar tampilan monitor adalah 640 x 480 pixel, dimana ukuran inni dimungkinkan untuk diubah menjadi 800 x 600 pixel, 1024 x 768 pixel, bahkan bisa mencapai 1280 x 1024 pixel atau lebih (bergantung kepada kemampuan monitor).
ยต  Printer
Printer merupakan peralatan keluaran untuk menampilkan hasil pemrosesan komputer dalam bentuk tulisan maupun gambar. Printer dibagi menjadi beberapa jenis utama yaitu dotmatrix, inkjet, dan laser. Ketiganya dibedakan dari bahan untuk mencetak. Printer dotmatrix menggunakan pita seperti halnya mesin ketik, Printer Inkjet menggunakan tinta, sedangkan printer laser menggunakan toner. Printer inkjet dapat dimodifikasi menggunakan tinta infus tabung dan tinta suntik. Modifikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah dapat menghemat biaya cetak, sedangkan kekurangannya adalah dapat merusak printer dan menghilangkan garansi. Contoh printer antara lain Canon BJC 1000 SP, Epson LX 800 dan HP Deskjet 3744.
ยต  Speaker
Speaker merupakan perangkat keluaran yang menampilkan sinyal suara, dimana sinyal tersebut sebelumnya telah diolah ddalam sound card (kartu suara).

C.  FUNGSI dan PROSES KERJA JARINGAN KOMPUTER
Pengertian dari jaringan komputer(network) adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang saling berhubungan. Informasi dan data dihubungkan melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar informasi, dokumen dan data, serta mencetak dengan printer yang sama. Selain itu, juga dapat bersama-sama menggunakan hardware atau software yang terhubung dengan jaringan.
Jaringan komputer pada era globalisasi ini hampir merupakan suatu keharusan, karena penggunaan jaringan komputer dapat membantu pengguna komputer bekerja lebih cepat, praktis dan efisien baik tenaga maupun waktu.

Œ  Jenis-Jenis Jaringan
Jaringan komputer ada tiga jenis, antara lain sebagai berikut.
a)   Local Area Network ( LAN)
Local Area Network (LAN) adalah suatu jaringan yang menggabungkan antara perangkat keras dengan perangkat lunak setiap komputer dengan menggunakan data yang sama dan mempunyai kecepatan transfer data tinggi agar dapat saling berkomunikasi (sharing) dalam era kerja tertentu. Area yang termasuk dalam lingkup LAN antara lain kantor, laboratorium, gedung, sekolah, dan universitas. Umumnya, jarak jaringan ini tidak lebih dari  1 km karena terlalu jauh maka transfer data atau informasinya menjadi lebih lambat.
b)  Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN) merupakan sistem jaringan komputer yang mempunyai area kerja  antarkota dalam satu provinsi. Area jaringan MAN lebih besar daripada area jaringan LAN. Jaringan MAN berguna untuk membangun jaringan dikantor-kantor dalam wilayah satu kota, gedung, pabrik, kampus dan kantor pusat yang masih berada dalam area jangkauannya. Dalam hal ini, jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, seperti jaringan Bank BRI dikota Solo yang bisa berhubungan dengan anak cabangnya di Sukoharjo.

c)   Wide Area Network
Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komputer yang ruang lingkupnya mencapai antarprovinsi bahkan antarnegara. Biasanya, jaringan ini menggunakan sarana satelit atau kabel bawah laut. Misalnya, penggunaan jaringan WAN pada jaringan bank ABN UMRO, dimana anak cabangnya yang berada di Indonesia bisa berhubungan dengan kantor pusatnya di Belanda hanya dalam waktu beberapa menit.

Œ  Komponen Perangkat Keras untuk Pembangun Jaringan
Untuk membangun jaingan LAN dibutuhkan beberapa komponen penting, diantaranya sebagai berikut.
a)    Komputer untuk server, yaitu suatu komputer yang dijadikan sebagai pusat atau pengendali yang berisi program dan data serta berfungsi sebagai penyedia layanan kepada komputer atau program lain yang sama atau berbeda.
b)   Komputer untuk workstation (client), yaitu komputer yang dijadikan sebagai client, yang bekerja sebagai pengolah data yang diakses dari komputer server.
c)    LAN card atau NIC (Network Interface Card), yaitu perangkat keras untuk melakukan komunikasi antarkomputer atau jaringan.
d)   Hub, digunakan untuk  menghubungkan beberapa segmen ethernet menjadi satu segmen. Dalam hal ini, komputer yang terhubung ke sebuah hub melakukan pertukaran data secara bergantian.
e)   Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), digunakan untuk menghubungkan komputer dalam suatu jaringan.
f)    Konektor RJ 45, merupakan penghubung atau konektor untuk kabel UTP.
Selain komponen perangkat keras di atas, peralatan lain yang dibutuhkan untuk meningkatkan atau memperluas jaringan (Internetworking) adalah sebagai berikut.
a)    Switch, berfungsi untuk mengalokasikan jalur lalu lintas data dari setiap segmen jaringan ke jaringan tujuan. Dengan menggunakan switch, lalu lintas data dari dan ke beberapa segmen jaringan dapat dilakukan secara bersama-sama.
b)   Repeater,merupakan periferal untuk mengulangi sinyal yang diterima sebelum dikirim ke alamat tujuan dalam sistem jaringan. Repeater ini dapat tergabung dengan hub  yang sering disebut dengan hub aktif.
c)    Bridge, merupakan periferal jaringan yang menghubungkan beberapa segmen jaringan sepanjang jalur data. Periferal ini digunakan untuk menggabungkan beberapa jaringan.
d)   Router, berfungsi untuk memilih jaringan tujuan dan meneruskan pengiriman paket data pada jaringan khusus. Router hanya dapat bekerja berdasarkan sebuah protokol jaringan. Periferal ini juga digunakan untuk menggabungkan beberapa jaringan.
e)   Gateway, yaitu alat yang dipakai jika lapisan OSI dari dua buah jaringan LAN benar-benar tidak identik. OSI merupakan suatu standar komunikasi antarmesin yang terdiri atas 7 lapisan. Jika OSI berasal dari jaringan yang berbeda, maka jaringan menggunakan arsitektur yang berbeda pula. Hala ini berarti ketujuh lapisan OSI juga berlainan.

Œ  Topologi jaringan
Topologi jaringan merupakan arsitektur komputer jaringan, yaitu bagaimana suatu jaringan disusun sedemikian rupa sehingga komputer dapat saling terhubung satu dengan yang lainnya. Secara garis besar, terdapat tiga jenis topologi, yaitu: topologi bus, topologi star, topologi ring.
a)   Topologi Bus
Jaringan yang menggunakan topologi bus disebut juga dengan linier bus karena hubungannya hanya melalui satu kabel yang linier. Kabel yang biasa digunakan adalah kabel koaksial. Selain itu, pada awal dan akhir dari kabel jaringan diberi terminator.
b)  Topologi Star (Bintang)
Dalam topologi star, hubungan antar-node dihubungkan dengan peralatan yang disebut dengan hub atau concentrator. Setiap nodenya akan dihubungkan dengan kabel ke hub.
c)   Topologi ring
Setiap node dalam topologi ring saling berhubungan dengan node lainnya sehingga berbentuk seperti lingkaran (ring).

Œ  Peralatan Jaringan
Hubungan komunikasi antarkomputer harus menggunakan suatu peralatan yang dipasang dalam sistem jaringan. Peralatan tersebut antara lain sebagai berikut.
a)   Kartu Antarmuka Jaringan (Network Interface Card)
Kartu antarmuka jaringan (Network Interface Card) yang disingkat NIC atau juga disebut network adapter merupakan peralatan utama yang harus ada untuk menunjang komunikasi antarkomputer. Ada beberapa kartu antarmuka jaringan yang tersedia di pasaran, seperti : ethernet, arcnet dan token ring. Dari ketiga kartu antarmuka jaringan tersebut, yang sering digunakan adalah ethernet.
b)  Media Penghubung Jaringan
Media penghubung jaringan secara garis besar dibagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut.
1)    Jaringan Menggunakan Kabel (Wired Network)
Ada beberapa macam kabel yang sering digunakan pada jaringan komputer, antara lain sebagai berikut.
a)    Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
Tersusun atas sepasang konduktor yang terbungkus plastik, dan masing-masing dilapisi plastik sebagai isolator yang diberi warna. Jangkauan frekuensi antara 100Hz sampai 5MHz. Pada pemasangan kabel UTP di kartu jaringan diperlukan konektor UTP, seperti konektor RJ 45. Biaya yang dikeluarkan pada penggunaan kabel UTP relatif murah.
b)   Kabel STP (Shielded Twisted Pair)
Kabel STP bentuknya hampir sama dengan kabel UTP, hanya saja memiliki pembungkus rangkap. Pembungkus tengahnya berupa metal shield atau metal foil untuk menghindari gangguan elektromagnetis. Selain itu, konektor kabel STP sama dengan konektor kabel UTP.
c)    Kabel Koaksial
Kabel koaksial tersusun dari sebuah konduktor inti dari tembaga yang dilapisi tiga pembungkus. Pembungkus ini biasanya terbuat dari plastik. Pembungkus pertama dan ketiga merupakan isolator, sedangkan pembungkus kedua yang berada di tengah merupakan konduktor. Konektor yang dipakai adalah BNC (Bayonet Network Connector), konektor-T dan terminator 50 ohm. Terminator berfungsi sebagai peredam sinyal agar tidak membalik dan mengganggu sinyal aslinya.
d)   Serat Optik
Serat optik terbuat dari plastik atau kaca yang berfungsi sebagai transmisi sinyal yang berbentuk cahaya. Konektor yang digunakan untuk serat optik ini adalah konektor FO. Penggunaan serat optik memungkinkan transmisi data dengan kecepatan 10 Mbps-2Gbps. Selain itu jarak jangkauan yang ditempuh sinyal lebih jauh dibandingkan kabel jenis lain dan mempunyai bandwidth yang lebih lebar. Namun, serat optik ini memiliki kelemahan, yaitu mudah patah sehingga kurang memungkinkan untuk dipindah-pindah, pemasangan yang sulit, biaya perawatan yang mahal dan harga serat optik yang relatif mahal.
e)   Jaringan Tanpa Kabel (Wireless Network)
Hubungan antarkomputer pada jenis jaringan ini tidak memerlukan media kabel, sehingga sinyal yang dikirim berupa gelombang elektromagnetik. Cepat tidaknya hubungan komunikasi antarkomputer salah satunya dipengaruhi oleh jangkauan frekuensi, yang dikenal dengan istilah bandwidth. Semakin lebar bandwidth yang digunakan, semakin cepat pula transmisinya. Dewasa ini, jaringan nirkabel banyak menggunakan Wi-Fi karena harganya yang semakin murah dan pemasangannya yang mudah. Wi-Fi sendiri adalah Wireless Fidelity yang merupakan produk standar untuk jaringan nirkabel dan Wireless Local Area Network(WLAN). Jaringan ini menggunakan gelombang radio sebagai media transmisi. Komputer yang menggunakan teknologi ini dapat menggunakan perangkat tambahan berupa Wi-Fi card yang berbasis PCI.

Œ  Protokol Jaringan
Protokol jaringan merupakan suatu peraturan yang sama dalam cara berkomunikasi antarkomputer sehingga dapat saling bertukar informasi. Protokol untuk sistem jaringan dibagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut.
a)   Protokol Komunikasi Antarperalatan Jaringan
Protokol ini mampu mengatur bentuk dan jenis data yang dikirim, menentukan besaran listrik yang digunakan, jenis dan banyaknya kabel yang digunakan untuk proses transmisi.
b)  Protokol dari System Operasi yang Digunakan
Sistem operasi NetWare menggunakan protokol utama IPX/SPX, Microsoft menggunakan protokol NetBeui, sedangkan protokol standar pada Internet menggunakan protokol TCP/IP.

Œ  Cara Kerja Jaringan
Cara kerja jaringan komputer bisa dilihat dari tipe jaringannya. Tipe jaringan terdiri atas jaringan berbasis server dan jaringan peer to peer.
a)    Jaringan Berbasis Server
Jaringan berbasis server atau disebut juga client-server terdiri dari server yang biasanya menggunakan sistem operasi Windows 2000 Server dan client yang menggunakan sistem operasi Windows 98SE, Windows 2000 Professional, Windows XP atau sistem operasi lainnya. Semua workstation yang terhubung dalam jaringan ini dikelola oleh pengontrol domain (server). Dengan melalui pengontrol domain inilah semua account workstation atau user dikumpulkan dan disimpan database-nya. Jadi, dengan menggunakan jaringan berbasis server ini, workstation bisa berhubungan dengan workstation lain apabila ada izin dari pengontrol domainnya. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data dari pengguna yang tidak berkepentingan.
b)  Jaringan Peer to Peer
Pada jaringan peer to peer, setiap komputer dapat membuat account user dan berbagai sumber (sharing) dengan komputer yang lain dalam satu jaringan, sehingga bersifat sebagai server sekaligus bersifat sebagai workstation. Tipe jaringan jenis ini tidak membedakan sistem operasi yang digunakan antara server dengan workstation-nya. Umumnya, jaringan tipe ini diorganisasikan dengan sebuah workgroup. Sistem operasi yang bisa digunakan antara lain : Windows 98, Windows NT workstation dan Windows 2000 Professional. Hubungan antar-workstation tidak ada perizinannya sehingga keamanan data relatif kurang.

Œ  Modem (Modulator Demodulator)
Modem (Modulator Demodulator) adalah sebuah alat yang digunakan untuk mentransmisikan data dalam bentuk gelombang elekromagnetik dari satu komputer ke komputer lain atau alat untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya. Agar akses Internet berjalan dengan cepat, gunakan modem yang kecepatan transfer datanya agak tinggi. Misalnya, modem 56 kbps (kilobyte per second), artinya alat tersebut dapat mentransfer data sebanyak 56 bit dalam satu detik. Terdapat dua jenis modem yang ada dipasaran, yaitu :
a)    Modem internal
b)   Modem eksternal
Merek modem yang dapat Anda temukan di pasaran lain : Robotic, Prolink, Rockwell, TP-Link dan D-Link. Berikut ini rangkaian sederhana modem dalam jaringan komputer.


1 komentar: